English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday 24 July 2013

Tuan, Apakah Anda Tuhan ??

burden

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا  
"Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya."

***

Tuan, apakah Anda Tuhan ??. Tuan, aku tau kau tau kalau aku hanyalah seorang pesuruh tak berpendidikan. Mengandalkan tenaga untuk menyambung sisa hidup. Dan kau juga tahu kalau aku hanya tau, 1+1=2 atau 1 dikali 1 hasilnya akan tetap sama. Lalu bagaimana mungkin kau menyuruhku menghitung rugi, laba ?? Pencatatan data, penjurnalan, posting ke buku besar, menghitung neraca saldo, membuat jurnal, laporan keuangan ???

Kau selalu katakan kalau aku pasti bisa melakukannya. Kau selalu katakan aku pasti bisa menyelesaikannya. Dengan sangat yakin, kau juga selalu menambahkan "Saya tidak akan menyuruhmu di luar kesanggupanmu. Saya yakin kamu bisa" di akhir kalimatmu. Jadi Tuan, Apakah Anda Tuhan ??

Bagaimana kau tau aku sanggup, Tuan??? Kau tau, bahkan aku tidak bisa menghitung discount dengan mesin hitung. Parahnya, aku sering melakukan kesalahan dalam penjumlahan bilangan besar. Tapi, mengapa kau masih "memaksa" ku melakukannya ??

Mengapa kau tak gaji saja sarjana akuntan untuk melakukannya ??? Atau lulusan sekolah menengah kejuruan jurusan akuntan. Daripada menjadikanku akuntan amatiran. Kau tak akan jatuh miskin seketika hanya karena mengaji seorang akuntan, Tuan.

Jadi Tuan, Apakah Anda Tuhan ?? Kapankah derita hidupku akan segera berakhir Tuan ?? Kapankah aku bisa menjadi sepertimu ??

Tuan, mengertilah.

#ILUSTRASI


No comments:

Post a Comment